Selasa, 12 Juli 2011

Surat Untuk Dan Brown

Semakin memperhatikan tulisanmu, semakin aku mengerti maksud yang ingin kau sampaikan.
Sejarah beserta segenap misterinya adalah sajian menarik. Terlebih intrik yang terjadi akibat tarik ulur kekuasan tergambar ngeri, membuat bergidik.
Aku menyukai 'parole' mu, begitu menyukai retorika yang terpampang. Namun lebih dari itu, kau mampu membuatku paham tentang siapa dan apa tujuanmu sebenarnya.
Sekali lagi, harus kuakui karya-karya yang kau tulis tentang sejarah, seni, dan agama sangat mengundang decak kagum. Begitu istimewa.
Sayangnya, di balik semua itu kau tidak objektif dan proporsional kawan. Dari Angel & Demon, Da Vinci Code, hingga The Lost Symbols aku menemukan guratan yang sama, justifikasimu akan keunggulan dan kebenaran (saran akan keunggulan dan kebenaran) falsafah dan ideologi bangsa Judas. Itu kau sampaikan dengan cara tersamar, namun gema itu tetap ada di dalam ketiganya.
Aku kagum pada karyamu kawan, tapi tidak pada pilihanmu berpijak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Lack of happiness