Rabu, 06 Juli 2011

Please, Stop My Brain!

100 tahun lagi dunia mengembang dalam mode post-historis. Rekaman sejarah tidak lagi tertulis pada kertas bubur kayu dan karet, tercetak pada pamflet atau baliho, atau tertera pada undangan resepsi pernikahan.
100 tahun lagi, dunia adalah swalayan digital. Yang mana warung-warung, toko-toko, supermarket, atau mall tidak lagi menjual buku merek Sinar Dunia, atau yang memuat foto Shireen Sungkar, atau yang bergambar pesepakbola David Beckham.
100 tahun lagi, dunia adalah lingkaran dengan benda-benda unik. Tidak akan ada bazar, tidak ada buku yang akan diobral, apalagi lukisan tangan yang dipajang pada sebuah pameran. Sebab semuanya telah tergantikan, perlahan-lahan namun nyata. Tidak terbantahkan.
100 tahun lagi, dunia adalah berita dalam koran-koran elektronik. Calon wartawan tidak akan belajar stenograf, calon reporter tidak usah meliput dengan pulpen dan kertas. Dunia telah mengembangkan alat-alat jurnalistik dalam suara dan gambar. Jadi tidak dibutuhkan lagi tulisan yang lebih mirip cakar ayam.
100 tahun lagi, dunia akan lebih lengang dari benda-benda megalitik. Karena para pelukis akan belajar banyak pada kanvas 3D, para pemahat akan lebih senang mengukir motherboard, dan para penari telah mengkloning citra dirinya dalam suatu gelaran 'virtual dance' yang membuatnya terlihat kompak dengan sepuluh penari-dirinya yang lain.
100 tahun lagi, dunia adalah tumpukan pakaian non-organik. Para bayi akan mengenakan popok elektronik dengan alarm, anak-anak akan mengenakan celana dalam yang dilengkapi pispot otomatis, dan para dewasa akan berbaju layaknya astronot NASA, dengan fitur-fitur di dalamnya seperti TV, Radio, Internet, dan tentu saja kamar mandi portabel.
100 tahun lagi, dunia akan lebih sepi dari sebelumnya. Tiap-tiap orang punya tontonan sendiri-sendiri, bahkan ketika buang air sekalipun. Bahkan ketika membuka mata, bahkan ketika hendak menutup mata.
100 tahun lagi, dunia adalah cendawan radiasi. Manusia menikahi robot-robot yang berkelamin, yang bersama-sama melahirkan makhluk berdaging namun berotak prosesor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Lack of happiness