Kamis, 14 Juli 2011

Silabus Sosiolinguistik


DESKRIPSI  DAN  SILABUS  MATAKULIAH

Matakuliah                : Sosiolinguistik
Jumlah SKS             : 2 SKS
Program Studi          : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Deskripsi                   :

Mata kuliah ini berisi mengenai konsep-konsep dasar sosiolinguistik, dimaksudkan untuk memberi bekal kepada mahasiswa tentang berbagai teori sosiolinguistik. yang diharapkan mahasiswa dapat memahami problema kebahasaan yang terjadi di dalam masyarakat maupun di dalam pengajaran bahasa..

Tujuan Instruksional Umum
Pada akhir semester mahasiswa yang menempuh matakuliah ini diharapkan  dapat menyelesaikan problema sosiolinguistik yang dihadapinya dengan teori yang telah dimilikinya serta menerapkannya,khususnya di dalam pengajaran bahasa

Tujuan Instruksional Khusus
Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa  yang menempuh matakuliah ini dapat:
1.    Mengidentifikasi pengertian sosiolinguistik (VI = Verbal Information)
2.    Menguraikan secara teoritis tentang sasaran,lingkup,dan manfaatnya  (VI)
3.    Mengidentifikasi teori-teori sosiolinguistik (VI)
4.    Mendeskripsikan hubungan bahasa dan non bahasa (VI)
5.    Menjelaskan hubungan Sosiolinguistik dengan disiplin ilmu lain(VI)
6.    Menjelaskan hubungan bahasa dan konteks sosial (IS)
7.    Menjelaskan hubungan bahasa dan komunikasi (IS)
8.    Menjelaskan penggunaan komunikasi non verbal (IS)
9.    Menjelaskan tentang perubahan sosial dan perubahan bahasa (IS)
10. Menjelaskan tentang keanekaragaman bahasa (IS)
11. Menjelaskan tentang kontak bahasa dan permainan bahasa (IS)
12. Menjelaskan tentang adanya multilingual (PS)
13. Mengidentifikasi pengaruh multilingual (PS)
14. Mengidentifikasi pengaruh Interferensi dan integrasi dalam bahasa (PS)
15. Menjelaskan adanya campur kode dan alih kode (PS)
16. Menjelaskan tentang sikap bahasa (PS)
17. Menjelaskan tentang kebijaksanaan bahasa (PS)
18. Menerapkan seluruhnya ke dalam proses pembelajaran (PS)

Silabus

No.
Pokok Bahasan
Sub Pokok Bahasan
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke
1.
Pendahuluan Sosiolinguistik
Studi bahasa, Sosioinguistik, sasaran, lingkup, dan manfaat sosisolinguistik
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab
1-2
2.
Teori-teori Sosiolinguistik
Teori Defisit
Teori Labov
Teori Dell Hymes
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab
3
3.
Hubungan bahasa dan non bahasa
Bahasa,Kebudayaan,Pikiran,Masyarakat bahasa,Konteks,dan Geografis
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab
4
4.
Hubungan sosiolinguistik dan disiplin ilmu lain
Linguistik,Sosiologi,Sosiolinguistik,Pragmatik,Psikologi,dan Antropologi
Diskusi, Pemberian Tugas, Tanya Jawab
5
5.
Bahasa,komunikasi,dan komunikasi non verbal
Fungsi bahasa, Tuturan, Tindak bahasa, Peran dalam komunikasi, Isyarat,dan Tanda
Ceramah, Diskusi
6-7
6.
UTS


8
7.
Bahasa,konteks sosial,perubahan sosial dan perubahab bahasa
Masyarakat Tutur
Faktor Situasional dan Variasi Bahasa
Faktor Sosioekonomi dan Geografi
Mobilitas Sosial
Loyalitas dan Pemilihan Bahasa

Diskusi, Pemberian Tugas, Tanya Jawab
9-10
8.
Keanekaragaman,kontak bahasa, dan permainan bahasa
Pemakai dan Pemakaian Bahasa
Faktor dan Jenis Keanekaragaman
Faktor Penyebab Kontak Bahasa
Akibat Kontak Bahasa
Permainan Bahasa

Diskusi, Pemberian Tugas, Tanya Jawab
11-12
9.
Multilingual,Polyglosia,Interferensi,Intergrasi,Alih kode,dan Campur kode
Bilingualisme dan Multilingualisme
Diglosia dan Polyglosia
Persamaan dan Perbedaannya
Akibat Interferensi dan Integrasi
Faktor Penyebab Alih Kode
Latar Belakang Terjadinya Campur Kode

Diskusi, Pemberian Tugas, Tanya Jawab
13-15
10.
Sikap bahasa dan penerapan sosiolinguistik
Pengertian Tentang Sikap dan Sikap Bahasa
Sikap Positif dan Sikap Negatif
Kebijaksanaan dan Perencanaan Bahasa
Pendidikan dan Pengajaran Bahasa

Diskusi, Pemberian Tugas, Tanya Jawab
16-17
11.
UAS


18

Kegiatan
Kegiatan yang dilaksanakan dalam proses perkuliahan pada mata kuliah ini adalah:
1.    Ceramah oleh dosen pengampu
2.    Diskusi antara dosen-mahasiswa dan antar mahasiswa
3.    Mengerjakan tugas kelompok
4.    Mengerjakan tugas individual
5.    Pelaksanaan Ujian Tengah Semester
6.    Pelaksanaan Ujian Akhir Semester

Tugas
Tugas yang akan dikerjakan mahasiswa:
1.    Membuat uraian tentang salah satu teori secara individual
2.    Menyusun ringkasan materi matakuliah secara individual
3.    Menyusun makalah sebagai bahan diskusi di kelas secara kelompok
4.    Mengerjakan tes tengah semester
5.    Mengerjakan tes akhir semester

Penilaian
Unsur dan bobot penilaian adalah sebagai berikut:
No.
Unsur
Bobot
1.
Aktivitas dalam proses perkuliahan
10 %
2.
Hasil uraian teori
10 %
3.
Hasil ringkasan materi kuliah
5 %
4.
Makalah kelompok
5 %
5.
Nilai UTS
30 %
6.
Nilai UAS
40 %

Referensi

Allen,W.S.(1966). The Linguistic Study of Language,.di dalam Stivens,P.D.(ed),Five Inaugural Lectures,O.U.P.

Appel,Rene et al. (1976). Sociolinguistiek,Het Spectrum,Antwerpen/Utrecht.

Astrid, S. (1976). Filsafat Komunikasi. Bandung:Penerbit Bina Cipta.

Coeder,S.Pitt.(1975).Introducing Applied Linguistics,England: Pinguin Books,Ltd.

Dittmar,N.(1976).Sociolinguistics,A CriticalServey of the Theory and Application,London: Edward Arnold.

Gumpers,JJ.(1964).Linguistics and Social Instruction in two Communities,American Anthropologist: LXVI.

Halliday,M.A.K.(1968).There Users and Uses of Language,Paris:The Hague.

Hymes, Dell.(1972).On Communicative Competence,(Sociolinguistics),England: Pinguin Books.Ltd.

Fishman,Joshua A.(1975). Sociolinguistics ,A Brief Introduction, Massachusetts:Newbury House Publisher,Rowley.

Labov,W.(1977).Sociolinguistics Patterns,Philadelphia: University of Pennsylvania Press.

Poedjosoedarmo,Soepomo.(1976).Analisa Variasi Bahasa,Jakarta:Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Suwito.(1983).Pengantar Sosiolinguistik,Teori dan Problema.Surakarta: Henary Offset.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Lack of happiness