Rabu, 13 Juli 2011

SILABUS LEKSIKOGRAFI


SILABUS
MATA KULIAH LEKSIKOGRAFI
STKIP HAMZANWADI SELONG



Jurusan/Program Studi           : PBSI/PBSID
Dosen                                      : Hary Murcahyanto,M.Hum.
SKS                                         : 2 (Dua)
Semester                                  : III
Kode Mata Kuliah                    :

I. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang didesain agar mahasiswa mengenal serta mengetahui cara-cara penyusunan kamus. Sejalan dengan hal tersebut, maka dalam mata kuliah Leksikografi ini, juga dipelajari tentang Leksikologi yang pada hakikatnya mempelajari aplikasi ilmu fonetik,kajian morfologi, dan kajian semantik leksikal.
Pentingnya mempelajari Leksikografi dalam hubungannya dengan ilmu pengajaran karena mahasiswa dipersiapkan menjadi seorang guru yang mengajarkan kembali ilmu tersebut kepada siswanya. Sementara itu dalam hubungannya dengan ilmu pengetahuan, sebagai calon sarjana, mahasiswa dipersiapkan tidak hanya untuk menjadi konsumen ilmu pengetahuan melainkan juga sebagai produsen dalam bidang ilmiah. Ia memiliki tugas bukan saja dapat menggunakan kamus, tetapi juga harus mampu menyusun kamus sendiri. Oleh karena itu, setiap mahasiswa perlu mengetahui cara-cara menyusun kamus tersebut

II.Kompetensi Dasar
Mata Kuliah Leksikografi diberikan kepada mahasiswa agar mahasiswa mampu :
1.       Mengenal, memahami dan menerapkan teori leksikologi dan leksikografi.
2.       Menjelaskan sejarah dan perkembangan kosakata Bahasa Indonesia.
3.       Mengenal,menjelaskan sejarah kamus,bentuk, fungsi, jenis-jenis kamus, dan menggunakan kamus secara tepat.
4.       Mengenal dan menjelaskan unsur-unsur penyusunan kamus.
5.       Mengenal dan menjelaskan cara penyusunan kamus
6.       Menjelaskan bebagai masalah dalam perkamusan.
III. 1. Tujuan Umum Mata Kuliah Leksikografi
Diajarkannya mata kuliah Leksikografi di berbagai universitas dan perguruan tinggi memiliki tujuan umum yang meliputi:
1.    Menumbuhkan kesadaran terhadap arti pentingnya kamus bagi perkembangan bahasa, yang nantinya diharapkan dapat mendorong mahasiswa peduli untuk membina, mengembangkan, dan  memelihara bahasanya.
2.    Menumbuhkan dan memelihara kesadaran akan sulitnya penyusunan kamus, yang nantinya diharapkan agar mahasiswa terdorong untuk menghargai hasil karya sebuah kamus, dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan aturan yang berlaku.
3.    Menumbuhkan kebanggan terhadap kosakata bahasanya, yang nantinya diharapkan mampu mendorong mahasiswa mengutamakan bahasanya dan menggunakannya sebagai lambang identitas bangsa.

III. 2. Tujuan Khusus Mata Kuliah Leksikografi
Selain tujuan umum, Mata kuliah Leksikografi ini juga memiliki tujuan khusus. Secara khusus mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa, calon sarjana, terampil dalam menggunakan kamus, dan mengajarkan cara-cara pembuatan kamus.

IV. Garis-garis Pokok Perkuliahan
1.       Pengantar Kuliah
1.1.Pengertian Leksikologi dan Leksikografi
1.2.Sistem Bahasa
  1. Kosakata Bahasa Indonesia
2.1. Perkembangan Kosakata Bahasa Indonesia
2.2. Pengembangan dan Pembidangan Kosakata Bahasa Indonesia
  1. Pembentukan Kata dan Istilah
3.1. Proses-proses Pembentukan Kata.
3.2. Cara Pembentukan Istilah.
  1. Aspek Semantik dan Ejaan Kosakata.  
4.1. Makna, jenis makna dan relasi makna.
4.2. Perubahan dan komponen makna.
4.3. Penulisan Ejaan Kosakata.

  1. Kamus; sejarah, bentuk, jenis, dan fungsinya.
5.1.  Sejarah Perkamusan di Indonesia.
5.2.  Bentuk dan Jenis-jenis Kamus.
5.3. Fungsi dan Penggunaan Kamus.
5.4. Kamus yang Ideal.
  1. Berbagai Masalah dalam Perkamusan.
6.1. Tujuan Kamus
6.2. Korpus data dan Pengumpulan data.
6.3. Susunan Lema dan Sublema.
6.4. Masalah Makna dan Label-label Informasi.


V. Metode Perkuliahan
  1. Ceramah+LCD
  2. Tanya Jawab
  3. Diskusi
  4. Tes Kemampuan
  5. Tugas
  6. Demonstrasi

VI. Evaluasi
  1. Akumulasi dan proporsi kehadiran
  2. Kemampuan
  3. Makalah dan laporan kajian buku
  4. Keaktifan dalam diskusi
  5. Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester


Daftar Buku Rujukan
Alisjahbana, S. Takdir. 1986. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Dian Rakyat:

Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: P.T.Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2007. Leksikologi dan Leksikografi Indonesia. Jakarta: P.T.Rineka Cipta.

Edi Subroto,D et al., 1991. Tata Bahasa Deskriptif Bahasa Jawa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

____________,2007. Pengantar Metode Penelitian Linguistik Struktural. Surakarta: UNS Press.

Keraf, Gorys. 1989. Tata Bahasa Indonesia. NTT: Nusa Indah.

___________. 1997. Komposisi. NTT: Nusa Indah.

Kridalaksana, Harimurti. 1993. Kamus Linguistik (Edisi Ketiga). Jakarta: Gramedia.

Poerwadarminta,W.J.S. 1937. Baoesastra Djawa. Djakarta:J.B.Wolters Uitgevers Maatschappij.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan.Jakarta: Balai Pustaka.

Samsuri. 1991. Analisis Bahasa. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sudaryanto,1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa:Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistik.Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.

Uhlenbeck, E.M.1978. Studies In Javanese Morphology. The Hague: KITLV.

Verhaar,J.W.M., 2006. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.




Pertemuan
ke
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Strategi Perkuliahan
1 - 2
Mengenal, memahami dan menerapkan teori leksikologi dan leksikografi.
·      Pengantar
Ceramah+LCD, Tanya jawab
3 - 4
Menjelaskan sejarah dan perkembangan kosakata Bahasa Indonesia.
·      Kosakata Bahasa Indonesia
Ceramah+LCD,Tanya jawab
5 - 7
Mengenal, menjelaskan sejarah kamus, bentuk, fungsi, jenis-jenis kamus, dan menggunakan kamus secara tepat.
·      Kamus; sejarah, bentuk, jenis, dan fungsinya.
Ceramah+LCD, Tanya jawab
8
Ujian Tengah Semester

Ujian
9 -11
Mengenal dan menjelaskan unsur-unsur penyusunan kamus.
·      Pembentukan kata dan istilah
Ceramah+LCD,Diskusi

12-13
Mengenal dan menjelaskan cara penyusunan kamus
·      Aspek Semantik dan ejaan kosakata
Ceramah+LCD, Tanya jawab, dan Penugasan
14-15
Menjelaskan bebagai masalah dalam perkamusan
·      Berbagai masalah dalam perkamusan
Ceramah+LCD,Diskusi Demonstrasi
16
Ujian Akhir Semester

Ujian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Lack of happiness