DESKRIPSI DAN SILABUS MATAKULIAH
Matakuliah : Sosiolinguistik
Jumlah SKS : 2 SKS
Program Studi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Deskripsi :
Mata kuliah ini berisi mengenai konsep-konsep dasar sosiolinguistik, dimaksudkan untuk memberi bekal kepada mahasiswa tentang berbagai teori sosiolinguistik. yang diharapkan mahasiswa dapat memahami problema kebahasaan yang terjadi di dalam masyarakat maupun di dalam pengajaran bahasa..
Tujuan Instruksional Umum
Pada akhir semester mahasiswa yang menempuh matakuliah ini diharapkan dapat menyelesaikan problema sosiolinguistik yang dihadapinya dengan teori yang telah dimilikinya serta menerapkannya,khususnya di dalam pengajaran bahasa
Tujuan Instruksional Khusus
Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa yang menempuh matakuliah ini dapat:
1. Mengidentifikasi pengertian sosiolinguistik (VI = Verbal Information)
2. Menguraikan secara teoritis tentang sasaran,lingkup,dan manfaatnya (VI)
3. Mengidentifikasi teori-teori sosiolinguistik (VI)
4. Mendeskripsikan hubungan bahasa dan non bahasa (VI)
5. Menjelaskan hubungan Sosiolinguistik dengan disiplin ilmu lain(VI)
6. Menjelaskan hubungan bahasa dan konteks sosial (IS)
7. Menjelaskan hubungan bahasa dan komunikasi (IS)
8. Menjelaskan penggunaan komunikasi non verbal (IS)
9. Menjelaskan tentang perubahan sosial dan perubahan bahasa (IS)
10. Menjelaskan tentang keanekaragaman bahasa (IS)
11. Menjelaskan tentang kontak bahasa dan permainan bahasa (IS)
12. Menjelaskan tentang adanya multilingual (PS)
13. Mengidentifikasi pengaruh multilingual (PS)
14. Mengidentifikasi pengaruh Interferensi dan integrasi dalam bahasa (PS)
15. Menjelaskan adanya campur kode dan alih kode (PS)
16. Menjelaskan tentang sikap bahasa (PS)
17. Menjelaskan tentang kebijaksanaan bahasa (PS)
18. Menerapkan seluruhnya ke dalam proses pembelajaran (PS)
Silabus
No. | Pokok Bahasan | Sub Pokok Bahasan | Kegiatan Pembelajaran | Pertemuan ke |
1. | Pendahuluan Sosiolinguistik | Studi bahasa, Sosioinguistik, sasaran, lingkup, dan manfaat sosisolinguistik | Ceramah, Diskusi, Tanya jawab | 1-2 |
2. | Teori-teori Sosiolinguistik | Teori Defisit Teori Labov Teori Dell Hymes | Ceramah, Diskusi, Tanya jawab | 3 |
3. | Hubungan bahasa dan non bahasa | Bahasa,Kebudayaan,Pikiran,Masyarakat bahasa,Konteks,dan Geografis | Ceramah, Diskusi, Tanya jawab | 4 |
4. | Hubungan sosiolinguistik dan disiplin ilmu lain | Linguistik,Sosiologi,Sosiolinguistik,Pragmatik,Psikologi,dan Antropologi | Diskusi, Pemberian Tugas, Tanya Jawab | 5 |
5. | Bahasa,komunikasi,dan komunikasi non verbal | Fungsi bahasa, Tuturan, Tindak bahasa, Peran dalam komunikasi, Isyarat,dan Tanda | Ceramah, Diskusi | 6-7 |
6. | UTS | | | 8 |
7. | Bahasa,konteks sosial,perubahan sosial dan perubahab bahasa | Masyarakat Tutur Faktor Situasional dan Variasi Bahasa Faktor Sosioekonomi dan Geografi Mobilitas Sosial Loyalitas dan Pemilihan Bahasa | Diskusi, Pemberian Tugas, Tanya Jawab | 9-10 |
8. | Keanekaragaman,kontak bahasa, dan permainan bahasa | Pemakai dan Pemakaian Bahasa Faktor dan Jenis Keanekaragaman Faktor Penyebab Kontak Bahasa Akibat Kontak Bahasa Permainan Bahasa | Diskusi, Pemberian Tugas, Tanya Jawab | 11-12 |
9. | Multilingual,Polyglosia,Interferensi,Intergrasi,Alih kode,dan Campur kode | Bilingualisme dan Multilingualisme Diglosia dan Polyglosia Persamaan dan Perbedaannya Akibat Interferensi dan Integrasi Faktor Penyebab Alih Kode Latar Belakang Terjadinya Campur Kode | Diskusi, Pemberian Tugas, Tanya Jawab | 13-15 |
10. | Sikap bahasa dan penerapan sosiolinguistik | Pengertian Tentang Sikap dan Sikap Bahasa Sikap Positif dan Sikap Negatif Kebijaksanaan dan Perencanaan Bahasa Pendidikan dan Pengajaran Bahasa | Diskusi, Pemberian Tugas, Tanya Jawab | 16-17 |
11. | UAS | | | 18 |
Kegiatan
Kegiatan yang dilaksanakan dalam proses perkuliahan pada mata kuliah ini adalah:
1. Ceramah oleh dosen pengampu
2. Diskusi antara dosen-mahasiswa dan antar mahasiswa
3. Mengerjakan tugas kelompok
4. Mengerjakan tugas individual
5. Pelaksanaan Ujian Tengah Semester
6. Pelaksanaan Ujian Akhir Semester
Tugas
Tugas yang akan dikerjakan mahasiswa:
1. Membuat uraian tentang salah satu teori secara individual
2. Menyusun ringkasan materi matakuliah secara individual
3. Menyusun makalah sebagai bahan diskusi di kelas secara kelompok
4. Mengerjakan tes tengah semester
5. Mengerjakan tes akhir semester
Penilaian
Unsur dan bobot penilaian adalah sebagai berikut:
No. | Unsur | Bobot |
1. | Aktivitas dalam proses perkuliahan | 10 % |
2. | Hasil uraian teori | 10 % |
3. | Hasil ringkasan materi kuliah | 5 % |
4. | Makalah kelompok | 5 % |
5. | Nilai UTS | 30 % |
6. | Nilai UAS | 40 % |
Referensi
Allen,W.S.(1966). The Linguistic Study of Language,.di dalam Stivens,P.D.(ed),Five Inaugural Lectures,O.U.P.
Appel,Rene et al. (1976). Sociolinguistiek,Het Spectrum,Antwerpen/Utrecht.
Astrid, S. (1976). Filsafat Komunikasi. Bandung:Penerbit Bina Cipta.
Coeder,S.Pitt.(1975).Introducing Applied Linguistics,England: Pinguin Books,Ltd.
Dittmar,N.(1976).Sociolinguistics,A CriticalServey of the Theory and Application,London: Edward Arnold.
Gumpers,JJ.(1964).Linguistics and Social Instruction in two Communities,American Anthropologist: LXVI.
Halliday,M.A.K.(1968).There Users and Uses of Language,Paris:The Hague.
Hymes, Dell.(1972).On Communicative Competence,(Sociolinguistics),England: Pinguin Books.Ltd.
Fishman,Joshua A.(1975). Sociolinguistics ,A Brief Introduction, Massachusetts:Newbury House Publisher,Rowley.
Labov,W.(1977).Sociolinguistics Patterns,Philadelphia: University of Pennsylvania Press.
Poedjosoedarmo,Soepomo.(1976).Analisa Variasi Bahasa,Jakarta:Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Suwito.(1983).Pengantar Sosiolinguistik,Teori dan Problema.Surakarta: Henary Offset.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar